GE BLOG
this site the web

Sejarah Berdirinya Kabupaten Indramayu

Raden Wiralodra putra Temenggung Gagak Singalodra berasal dari Bagelen Jawa Tengah, mempunyai garis keturunan Majapajit dan Pajajaran, dalam tapa bratanya di kaki Gunung Sumbing mendapatkan wangsit: HAI WIRALODRA, APABILA ENGKAU INGIN BERBAHAGIA BERKETURUNAN DI KEMUDIAN HARI, PERGILAH KE MATAHARI TERBENAM DAN CARILAH LEMBAH SUNGAI CIMANUK. MANAKALA TELAH TIBA DISANA, BERHENTILAH DISANA DAN TEBANGLAH BELUKAR SECUKUPNYA UNTUK MENDIRIKAN PEDUKUHAN DAN MENETAPLAH DISANA, KELAK TEMPAT ITU AKAN MENJADI SUBUR MAKMUR SERTA TUJUH TURUNANMU AKAN MEMERINTAH DISANA.

Raden Wiralodra pergi ke lembah Sungai Cimanuk untuk mendirikan padukuhan dengan berbekal senjata Cakra Undaksana dengan ditemani Ki Tinggil dan tokoh-tokoh lain pendiri pedukuhan seperti Aria Kemuning (putra dari Ki Gede Lurah Agung yang diangkat putra oleh Putri Ong Tien istri dari Sunan Gunung Jati ), Ki Buyut Sidum dan Pangeran Guru.


Gambar 1. Senjata Cakra Undaksana

Pedukuhan itu berkembang dan oleh Raden Wiralodra diberi nama DARMA AYU yang diambil dari nama seorang wanita yang dikagumi karena kecantikan dan kesaktiannya yaitu Nyi Endang Drama. Darma Ayu juga dapat diartikan sebagai KEWAJIBAN YANG UTAMA ATAU TUGAS SUCI. Pedukuhan Cimanuk tersebut, setelah terbebas dari kekuasaan pejajaran, oleh Raden Wiralodra, pada tahun 1527 berubah nama menjadi INDRAMAYU tepatnya pada hari Jum'at Kliwon tanggal 1 Muharam 934 H atau 1 Sura 1449 dan jatuh pada tanggal 7 Oktober 1527. Tanggal tersebut sekarang resmi digunakan sebagai hari jadi Indramayu.


Gambar.2. Makam Aria Wiralodra

Prasasti Aria Wiralodra ditulis dalam bahasa Sansekerta ditemukan sekitar tahun saka di Indramayu dan saat ini berada di Pendopo. dalam Prasasti itu terkandung makna yang dijadikan spirit perjuangan masyarakat Indramayu dalam mewujudkan cita-cita pembangunan, hidup, aman, tentram, adil dan makmur. Lengkapnya Prasasti Aria Wiralodra adalah sebagai berikut:



AKAN TETAPI KELAK NANTI ALLAH MELIMPAHKAN
RAHMATNYA YANG MELIMPAH
DARMA AYU KEMBALI MAKMUR
TAK ADA SUATU HAMBATAN
TANDANYA
JIKA ADA ULAR MENYEBRANG KALI CIMANUK
SUMUR KEJAYAAN MENGALIR DERAS
LAMPU MENYALA TANPA MINYAK
SEMUA KEMBALI HIDUP MAKMUR
MANUNGGAL DENGAN PRAJURIT
MEMBANTU PENGUASA
HIDUP AMAN DAN TENTRAM
SEMUA KEMBALI MAKMUR
SELURUH NEGARA HIDUP MAKMUR

(ARIA WIRALODRA)


(sumber: http://arpusindramayu.com/)

1 komentar:

Alfa Yuditya Nugraha mengatakan...

Makasih infonya, :)

Poskan Komentar

komen yang baik dan sopan yah???

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies